0

PENGUATAN KURIKULUM KTSP
BAGI TIM / PENDAMPING REVIEW KTSP

MTs Se Kabupaten  TUBAN

Tanggal, 27 & 28 Agustus 2015

PERUBAHAN
KERANGAKA DASAR  KURIKULUM SD/MI: 67

MAPEL PAI MADRASAH DAN B.ARAB: SK DIRJEN KEMENAG 2676

PERMENDIKBUD 160 TAHUN 2014

KMA 207 TAHUN 2014

KMA 165 TAHUN 2014

SE DIRJEN SE/DJ.I/PP.0O.6/I/2O15 ttg penilaian kurikulum madrasah

SE KEMENAG TUBAN 15.17/02/PP.00.04/796/2015


ISI/MUATAN KTSP

A. Visi, Misi, Tujuan Pendidikan / Satuan Pendidikan

    1. Visi Madrasah

        • Mendeskripsikan cita-cita yang hendak dicapai oleh satuan pendidikan.

    2. Misi Madrasah

         • Mendeskripsikan indikator-indikator yang harus dilakukan melalui rencana tindakan dalam mewujudkan visi satuan pendidikan

   3. Tujuan Pendidikan Madrasah 

         • Mendeskripsikan hal-hal yang perlu diwujudkan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan.

B.  PRINSIP PENGEMBANGAN

      1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

       2. Beragam dan terpadu

       3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

       4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

       5. Menyeluruh dan berkesinambungan

       6. Belajar sepanjang hayat

       7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
 

C.   Pengaturan Beban Belajar

1. Beban belajar dalam KTSP diatur dalam bentuk sistem paket atau sistem kredit semester.

   a. Sistem Paket

Beban belajar pada sistem paket terdiri atas pembelajaran tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri.

  b. Sistem Kredit Semester ( slta)

Beban belajar setiap mata pelajaran pada SKS dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks). Beban belajar 1 (satu) sks terdiri atas 1 (satu) jam pembelajaran tatap muka, 1 (satu) jam penugasan terstruktur, dan 1 (satu) jam kegiatan mandiri
C.1. Pengaturan Beban Belajar
2. Beban belajar tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri.

   a. Sistem Paket

 Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri pada satuan pendidikan yang menggunakan Sistem Paket yaitu 0%-50% untuk MTs dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.

   b. Sistem Kredit

    Beban belajar tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan yang menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) mengikuti aturan: Satu sks pada MTs terdiri atas 40 menit tatap muka  dan 20 menit penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri

C.2. Pengaturan Beban Belajar
3. Beban Belajar Tambahan

   Satuan pendidikan dapat menambah beban belajar per minggu sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Konsekuensi penambahan beban belajar pada satuan pendidikan menjadi tanggung jawab satuan pendidikan yang bersangkutan 

D. Kalender Pendidikan
1.Permulaan Waktu Pelajaran

    Dimulai pada setiap awal tahun pelajaran.

2. Pengaturan Waktu Belajar Efektif

    a. Minggu efektif belajar

        Jumlah minggu kegiatan pembelajaran di luar waktu libur untuk setiap tahun pelajaran.

   b. Waktu pembelajaran efektif

   Jumlah jam pembelajaran setiap minggu yang meliputi jumlah jam pembelajaran seluruh mapel. termasuk muatan lokal, jumlah jam untuk kegiatan lain yang dianggap penting oleh satuan pendidikan

D. 1. Kalender Pendidikan
3. Pengaturan Waktu Libur

   Penetapan waktu libur mengacu pada ketentuan yang berlaku tentang hari libur, baik nasional maupun daerah.

    Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

Alokasi waktu minggu efektif belajar, waktu libur, dan kegiatan lainnya tertera pada Tabel berikut ini.

Tabel 1: Alokasi Waktu pada Kalender Pendidikan


Tabel 1: Alokasi Waktu pada Kalender Pendidikan



SISTEMATIKA

Halaman Judul/Sampul

TIM PENGEMBANG

Halaman Pengesahan

Daftar Isi

Kata Pengantar

BAB I: PENDAHULUAN

A. Rasional

B.Landasan

C. Prinsip Pengembangan Kurikulum

D. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum

BAB II: VISI, MISI, TUJUAN PENDIDIKAN

A.Tujuan Pendidikan Dasar

B.Visi

C.Misi

D.Tujuan Madrasah

     

Lampiran:

Berita Acara dan SK Penetapan

SK-KD ( kelas, II,III dan V,VI )

KI/KD ( Kelas I dan IV )

Silabus (Mapel dan Tematik)

RPP Kurmunas

Proses Penetapan(penghitungan) KKM


I.
Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (2006)

Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) 2013

TEKNIK PENILAIAN

LAMPIRAN:

1. Panduan Program Ekstrakurikuler

2. Silabus mulok (Kurmuda), menyatu dengan tubuh dokumen 1)

3. KI/KD dan RPP Mapel (Kurmunas)

Catatan:

Lampiran 3  bisa dibendel  terpisah supaya bisa dimaksimalkan oleh guru mata pelajaran


Post a Comment

 
Top